Perbedaan Kendaraan CBU dan CKD

Posted by Aries on 04:26 PM, 13-Apr-13 • Under: Otomotif

Assalamu alaikum wr.wb.

Kali ini saya akan membahas tentang pengertian CBU dan CKD Dunia otomotif.

cbuckd.jpg

Beberapa tahun terakhir cukup akrab ditelinga kita istilah mobil/motor CBU dan kita pun juga cukup sering melihat mobil atau motor CBU lalu lalang di jalanan.

Dalam dunia otomotif istilah CBU dan CKD memang kerap dipakai Agen Pemegang Merek (APM/ATPM) untuk memperkenalkan produknya ke Konsumen, tapi apa perbedaan antara keduanya mari kita simak ulasan berikut Istilah CBU yang merupakan kepanjangan dari Completely Build Up adalah kendaraan yang secara keseluruhannya dirakit secara utuh orisinil di negara asal pembuatnya, istilah CBU sebenarnya berkaitan dengan kebijakan Pemerintah yang berencana secara bertahap akan memproduksi mobil atau motor secara lokal dengan melalui tahapan assembling (merakit) lebih dulu Untuk kendaraan CBU (mobil dan motor) proses mendatangkannya melalui Importir Umum (IU) yang akan secara langsung berhubungan ke negara asalnya untuk memesan mobil atau motor CBU sesuai permintaan.

Para penggemar mobil atau motor CBU ini kadang lebih senang memesan melalui Importir Umum karena pesanannya bisa lebih cepat datang ke Indonesia, jadi kalau ada mobil atau motor CBU yang baru saja dipamerkan diluar negeri dan tidak lama kemudian mobil atau motor tersebut sudah mengaspal di Indonesia, dapat dipastikan mobil atau motor itu didatangkan secara utuh oleh Importir Umum (IU).

CKD adalah Completely Knock Down yang artinya semua komponen kendaraan didatangkan ke Indonesia dalam kondisi lepas dan terpisah yang berikutnya akan dirakit oleh pabrikan atau ATPM lokal sehingga bisa menekan biaya produksi dan tentu saja juga bisa mengurangi harga jual ke pasar, walaupun tidak semua mobil atau motor CBU lebih mahal dari versi CKD nya (seperti Toyota Alphard harganya hampir sama dengan Vellfire). CBU yang didatangkan (import) secara utuh dari negara asalnya memang biasanya dibanderol harga lebih tinggi daripada mobil CKD, walaupun begitu peminat mobil CBU di Indonesia seakan tetap tidak peduli dengan harga tersebut karena dengan memboyong mobil CBU akan mendapat kepuasan tersendiri.

Contoh mobil-mobil CBU yang kerap kita jumpai di jalanan adalah Vellfire, Toyota Alphard, kemudian Ferrari dan masih banyak lagi lainnya yang didatangkan secara utuh dari negara pembuatnya. Sedangkan contoh versi CKD adalah Hyundai Avega yang komponennya didatangkan secara terpisah dari negaranya Korea untuk kemudian dirakit dan dipasarkan di Indonesia Untuk istilah CBU dan CKD juga berlaku pada kendaraan roda dua (sepeda motor), motor CBU yang sudah akrab dan sering berlalu lalang di Indonesia adalah Harley Davidson, Honda CBR150R CBU, Honda PCX CBU dan Suzuki Satria CBU.

Motor/ Mobil CBU memiliki kelebihan tenaga mesin yang lebih besar serta beberapa fitur tambahan yang tidak ada di Motor/Mobil CKD, namun Motor/Mobil CBU mempunyai beberapa kekurangan yaitu Karakter dari mesin atau beberapa komponen bisa jadi tidak cocok di gunakan di indonesia, bagi anda yang ingin memodifikasi Motor/Mobil CBU juga pasti akan berpikir kedua kali karena jika mengganti komponen asli dengan yang costum akan kehilangan keesklusifannya. Terlebih harga yang lebih mahal membuat kantong kempes.hehehe

Sedangkan Motor/mobil CKD mempunyai kelebihan Harga yang murah dan enak di modifikasi karena banyak sekali penyedia komponen custom di pasar otomotif tanah air. Namun Motor/mobil CKD memiliki kekurangan yaitu tanaga yang di bilang lebih rendah dari motor/mobil CBU.

Sekian artikel yang di buat oleh admin ARB di Blog Reot dan Butut serta ecek ecek.wkwkwk komplit kaya jamu saja.wkwkwk

Wassalamu alaikum wr.wb.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

24 responses to "Perbedaan Kendaraan CBU dan CKD"

Aries [04:27 PM, 13-Apr-13]

Pertamax

http://pertamax.mywapblog.com/perbedaan-kendaraan-cbu-dan-ckd.xhtml

Music Cool [04:40 PM, 13-Apr-13]

Kurang ngerti sob biggrin

MRoby [04:56 PM, 13-Apr-13]

Kunjungan Sore Kang.

Mantap Postnya.

Cah Klitik [05:07 PM, 13-Apr-13]

sad

Bagusimple [05:32 PM, 13-Apr-13]

berkunjung soree gan...
nyimakk setia....
biggrin
http://simplez.heck.in/
up-arrow up-arrow

Arek Jabon [05:50 PM, 13-Apr-13]

o00h mantafs ilmunya gan

歌うMasrukhan Shinobi Gakure歌う [06:16 PM, 13-Apr-13]

oh jadi gitu yah...

Rizki30 [06:54 PM, 13-Apr-13]

Assalamu'alaikum.
Maaf sob baru sempat mampir.
Mantap sob postingan nya cheesy-grin

terimakasih sebelum nya,
wassalamu'alaikum.

semrawut [07:00 PM, 13-Apr-13]

Pengguna matik mlongo aja
http://dingklik.heck.in
http://cyb3rnewbie.com

Fajar Sidik Romadhon [07:27 PM, 13-Apr-13]

nyimak aja lah mas aries, ngga paham biggrin wkwkwk

Fabaim [07:27 PM, 13-Apr-13]

hadir gan,
postnya sangat bermanfaat gan,

arrowwww.Fabaim.pun.bz

The Kancut Kidz [03:47 AM, 14-Apr-13]

Kunjungan malam min,
maaf ni telat berkunjung, lagi repot biut
harap maklum
sukses selalu blognya
ƗƗɐ ✽ ƗƗɐ  ƗƗɐ ✽ ƗƗɐ  ƗƗɐ ✽ ƗƗe

Nurul Huda [06:21 AM, 14-Apr-13]

Mampir... Walau Telat :hahaha biggrin

Minyak !
gak paham Otomotif... razz

nitip link yak... cheesy-grin

arrow http://kacunk.mywapblog.com/skin-oupeng-67-art-green-design-request.xhtml
arrow http://kacunk.mywapblog.com/kapret-67-xl-nimbuzz-speed-kilat-angkat.xhtml

AN ANN [08:58 AM, 14-Apr-13]

kunjungan pagi pak boz. Jika ada waktu mmpir ya.

Zetsu [10:45 AM, 14-Apr-13]

Nambah ilmu lg ne gan

pundalisa [12:18 PM, 14-Apr-13]

velfire kok alphard ?

angthienyang [01:37 PM, 14-Apr-13]

kunjungan siang gan,n maaf telat hadir
http://angthienyang.mywapblog.com/download-game-arpg-gratis-buat-resolusi.xhtml

adityacyber4t [03:13 PM, 14-Apr-13]

hadir gan..

Wah mantep nih info nya perlu di simak baik2..

D tunggu kunbalnya ke gubuk ane yah

SimonS Blog [09:29 PM, 14-Apr-13]

Berarti di Indonesia Cuma CKD Ya sob?

Muhammad Arbain [06:05 AM, 15-Apr-13]

nambah wawasan nih. . . .

Aries [10:42 AM, 15-Apr-13]

Music Cool@ hehehe ahli musik.wkwkwk

MRoby@ makasih sob

Cah Klitik@ biggrin

Bagusimple@ makasih sob

Arek Jabon@ makasih sob

歌うMasrukhan Shinobi Gakure歌う@ iya sob

Aries [10:45 AM, 15-Apr-13]

Rizki30 @ waalaikum salam, gpp sob makasih

semrawut @langsung gas poool

Fajar Sidik Romadhon@ hahahaha

Fabaim@ makasih sob

The Kancut Kidz@ telat gpp sob

Nurul Huda@ makasihmas kyai

AN ANN@ makasih sob

Aries [10:48 AM, 15-Apr-13]

Zetsu@ hehehe lumayan sob

pundalisa@ vellfire & alphard itu sebenarnya sama cuma beda di eksterior lampu depan dan blakang

angthienyang@ makasih sob

adityacyber4t@ oke sip sob

Aries [10:49 AM, 15-Apr-13]

SimonS Blog@ sebelum pebrikan melokalkan produk terlebih dulu di CKD, kalo cbu itu sebenarnya ibarat import beras di thailand

Muhammad Arbain@ hehehe lumayan

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images