Obyek Wisata Di Cilacap

Di posting oleh Aries pada 11:32 AM, 17-May-13 • Di: Nusantara

Assalamu alaikum wr.wb.

Kali ini saya akan memperkenalkan Obyek Wisata Di Cilacap.

Cilacap adalah sebuah Kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas di Utara, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat) di sebelah Barat. Berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat, Cilacap merupakan daerah pertemuan budaya Jawa Banyumasan dengan budaya Sunda (Priangan Timur).

Di Cilacap banyak tempat wisata yang bisa sobat kunjungi, yaitu :

Pulau Nusakambangan

17513cilacap1.jpg

Pulau Nusakambangan merupakan salah satu kawasan pantai selatan Kabupaten Cilacap yang dipisahkan oleh Selat Segara Anakan yang memisahkan dengan daratan Pulau Jawa.

Pulau Nusakambangan dikenal juga pulau penjara yang mempunyai kesan menyeramkan itulah kesan yang acap terdengar oleh siapapun yang belum pernah datang berkunjung ke Pulau Nusakambangan.Namun semakin lama mendekat dan melihat kesan menyeramkan berangsur-angsur sirna . bayangan yang menyeramkan pada penghuni penjara, serta hutan belantara yang sampai saat ini masih mampu melindungi satwa-satwanya perlahan-lahan akan melumatkan kesan menyeramkan bahkan kesan tersebut berganti rasa takjub dan detak kekaguman tiada habisnya. Seramnya mendengar para penghuni LP anda tidak usah kawatir sebab diantara lokasi wisata dengan Lembaga Pemasyarakatan sangat jauh.

Sejak tahun 1985 Lembaga Pemasyarakatan tinggal 4 LP yang digunakan diantaranya LP Besi, LP Batu , LP Permisan dan LP Kembang kuning (Penjara yang dibangun antara tahun 1908 sampai dengan 1950) yang rata-rata mempunyai kapasitas 500 orang sampai 2000 orang . Pulau Nusakambangan yang memanjang dari barat ketimur sepanjang kurang lebih 36 km dan lebar antara 4 – 6 KM dengan luas keseluruhan adalah 210 km2 atau 21.000 ha memang menyimpan misteri dan daya tarik wisata seperti goa, pantai, benteng dan keindahan batuk arang dan keindahan panorama alam, hutan cagar alam, dan hutan belantara .

Segara Anakan

17513cilacap2.jpg

Segara Anakan Cilacap terletak di belakang Pulau Nusakambangan wilayah Kabupaten Cilacap. Segara Anakan merupakan Laguna yang unik di pantai selatan Pulau Jawa dengan ekosistem rawa bakau (mangrove) yang memiliki komposisi dan stuktur hutan terlengkap di Pulau Jawa. Berbagai komponen sumber daya hayati berupa flora, habitat berbagai jenis fauna, betang alam daratan dan bentang alam perairan yang beinteraksi satu dengan yang lainnya membentuk suatu kesatuan ekosistem alami. Segara Anakan merupakan bagian dari kawasan Nusakambangan yang membentuk suatu paduan alam yang menawan. Segara Anakan dan Nusakambangan merupakan tempat wisata alam yang ideal. Panorama bentang alam dan keunikannya menyajikan suatu pemandangan yang menakjubkan. Nikmati paduan keindahan dan keunikan penuh nuansa petualangan yang mengasyikan.

Pantai Widarapayung

17513cilacap3.jpg

Pantai Widarapayung merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Dinamakan demikian, sebab terletak di wilayah desa Widarapayung, yaitu sekitar 35 km ke arah timur Cilacap. Satu obyek pariwisata di kabupaten Cilacap ini menawarkan panorama yang indah dan sangat baik untuk bermain selancar.

Teluk Penyu

17513cilacap4.jpg

Teluk Penyu merupakan kawasan pantai di selatan Kabupaten Cilacap, utamanya sepanjang pesisir dari Kecamatan Cilacap Selatan yang lokasinya tidak langsung berhubungan dengan Samudera India atau Indonesia karena dikelilingi oleh Pulau Nusakambangan.

Pantai Teluk Penyu berjarak 2 Km ke arah timur dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Cilacap dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi. Teluk ini cukup memiliki pemandangan yang indah dengan luas kira-kira 14 ha.

Terdapat beraneka kerajinan kerang dan souvenir lainnya yang dijual di sepanjang koridor jalan masuk lokasi wisata ini. Kawasan wisata ini ramai dikunjungi pada waktu pagi dan sore hari oleh para penduduk Kota Cilacap sedangkan pada siang hari lebih banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal, utamanya pada masa-masa libur sekolah atau pada hari- hari besar/libur.

Benteng Pendem

17513cilacap5.jpg

Benteng Pendem Cilacap (Belanda: Kustbatterij op de Landtong te Cilacap ), dibangun 1861, adalah benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu kabupaten Cilacap, Jawa Tengah . Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektar secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun 1861 hingga 1879. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng ini kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap tahun 1986.

Benteng Pendem dahulunya merupakan markas pertahanan tentara Belanda di Cilacap, Jawa Tengah yang didesain oleh arsitek Bugar Rizki Fitriadi. Benteng ini difungsikan untuk menahan serangan yang datang dari arah laut bersama dengan Benteng Karang Bolong, Benteng Klingker, dan Benteng Cepiring. Benteng Pendem difungsikan hingga tahun 1942. Ketika perang melawan Pasukan Jepang, benteng ini berhasil dikuasai Jepang. Tahun 1941, Jepang meninggalkan benteng ini karena kota Hiroshima dan Nagasaki dibom oleh sekutu; sehingga, benteng ini diambil alih oleh TNI Banteng Loreng Kesatuan Jawa Tengah. Dalam penguasaan TNI, benteng ini digunakan para pejuang kemerdekaan berlatih perang dan pendaratan laut.

Bangunan benteng pendem terdiri dari beberapa ruang yang masih kokoh hingga kini. Namun, sejak awal ditemukan, ruangan dalam benteng belum sepenuhnya diketahui. Ruangan dalam benteng yang umum diketahui terdiri dari barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, klinik pengobatan, gudang senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang peluru. Ada pula yang menyatakan bahwa dalam benteng tersebut terdapat terowongan menuju benteng-benteng lain dan sejumlah gua di pulau Nusakambangan. Namun, hingga kini hal itu belum sepenuhnya terbukti.

Dan masih banyak lagi obyek wisata di Cilacap yang anda bisa kunjungi seperti : Kampung Laut, Pantai Rancah Babakan Nusakambangan, Pantai Pasir Putih, Pantai Permisan, Pantai Permisan, Pantai Jetis, Pantai Singkil Indah, Pantai Ketapang Indah, Gua Maria (Gua Bendung), Goa Masigitsela, Goa Ratu dan Goa Putri, dan masih banyak lagi tempat menarik di Cilacap.

Biasanya banyak orang mengunjungi Pantai pantai di Cilacap saat libur lebaran, termasuk saya yang sejak SD selalu ada rombongan wisata ke cilacap dengan naik truk, sesampainya si sana saya dan teman teman biasanya mencari Kepompong dan Kepiting untuk di bawa pulang buat mainan di rumah, Anak cewekpun sibuk mencari kerang buat main bola bekel mrgreen

Cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat buat sobat yang suka touring smile

Wassalamu alaikum wr.wb.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

41 tanggapan untuk "Obyek Wisata Di Cilacap"

Aries pada 11:34 AM, 17-May-13

pertamax

http://pertamax.mywapblog.com/obyek-wisata-di-cilacap.xhtml

Andre C O O L pada 11:51 AM, 17-May-13

Weh apik-apik

яèvý ÇHèÞótÐz pada 11:53 AM, 17-May-13

jauh sob ke cilacap, ane diklaten cheesy-grin

kalo mau kunbal ya sobmrgreen

яèvý ÇHèÞótÐz pada 11:53 AM, 17-May-13

jauh sob ke cilacap, ane diklaten cheesy-grin

kalo mau kunbal ya sobmrgreen

Yudhistira pada 11:54 AM, 17-May-13

Kereenn

XtReaM pada 12:32 PM, 17-May-13

indah ya smile

Kurniaone WapBlog pada 12:46 PM, 17-May-13

Wah arep rono ora dwuwe sangu mas

Fadhil LPST pada 12:48 PM, 17-May-13

mantap pemandanganya..

Wapnet Mobile Blog pada 01:17 PM, 17-May-13

Banyak pantai yg indah ya di cilacap biggrin

Zetsu pada 03:26 PM, 17-May-13

Jarang maen kesana gan ane

Rafly BWM pada 04:01 PM, 17-May-13

waow indah bgt kang..

Nurul Huda pada 04:10 PM, 17-May-13

xixixixi.... cheesy-grin

Cilacap emang indah mempesona... lol

kapan3 aku dolan mrono jeh biggrin

arrow http://kacunk.mywapblog.com/new-update-3themes-s60v3-full-icon-by-pa.xhtml
arrow http://kacunk.mywapblog.com/font-rush-v8-3m-mod-rian-by-ihint.xhtml

Ije Jela Marabahan pada 04:17 PM, 17-May-13

kunbal


standar.heck.in/theme-grass-mod-icon.xhtml

Arsana pada 04:37 PM, 17-May-13

Hadir B O U Zz..
Sayang'nya jauuh drii Bali biggrin
makin sukses blog'nya yahh
nice post

Okta Van Jawa pada 04:45 PM, 17-May-13

Kunjungan sore sobat ,,ijin nyimak ajja


di tunggu kritik & saranya di down-arrow
www.okta.p.ht/burlywood-default-css.xhtml

Aries pada 05:23 PM, 17-May-13

Andre C O O L@ iya.hehehe

яèvý ÇHèÞótÐz@hehehe kalo jalan kaki

Yudhistira@iya kang biggrin

XtReaM@iya sob smile

Kurniaone WapBlog@hehehe mlaku ae.wkwkwk gempor

Aries pada 05:25 PM, 17-May-13

Fadhil LPST@ fresh smile

Wapnet Mobile Blog@ banget sob

Zetsu@ ente jauh

Rafly BWM@ iya sob smile

Aries pada 05:26 PM, 17-May-13

Nurul Huda@ ati ati nyasar biggrin

Ije Jela Marabahan@Okeh

Arsana@bali juga sip

Okta Van Jawa@okeh

Symbian Mobile pada 05:35 PM, 17-May-13

Jadi pengen maen kecilacap nih . biggrin


Jangan lupa mampir ke blog ane http://anndre.heck.in/ ,di tggu sob . smile

Bholick khoenhts pada 05:37 PM, 17-May-13

Wow indah sob.

New post.
http://bholik20.mywapblog.com/jessyca-stefani-auryn-ryn-chibi-profile.xhtml

Bagusimple pada 05:38 PM, 17-May-13

wahh indah indah sob objek wisatanya..
tapi sayang terlalu jauh sob...
sad

ßяøтЂєя žдßįя pada 06:09 PM, 17-May-13

kapan2 aja deh gw jalan2 ke sana biggrin lagi kanker (kantong kering)

Musik Mp3 Barat pada 06:37 PM, 17-May-13

cilacap jauh gan, ane tnggal di jwa barat

datakoe pada 07:25 PM, 17-May-13

iya aku juga jauh banget,tapi indah banget tu alami puol

Mario Sharapoviç pada 09:07 PM, 17-May-13

Kalo dari ambon jauh bener gan

Kumpulan Link pada 10:03 PM, 17-May-13

Keren juga ya obyek wisata di cilacap, kapan ane kesono ya..biggrin

Wapcom pada 11:48 PM, 17-May-13

Ane Pngen tw tuch nusa Kambangan sob...

muiezramadhanz.heck.in/golden-style-anime-s60v3-full-icon-by-wa.xhtml#comments

Agus Hambali pada 04:06 AM, 18-May-13

SAYA HARUS BILANG MANTAP hehehe biggrin

Visit: http://agushambali.mywapblog.com/

Sandy Galang Pradana pada 04:34 AM, 18-May-13

saya cuma sekedar ingin meramaikan posttingan sobat,,

kalau berminat silahkan mampir sebentar ke

http://gamehape.heck.in

semoga sukses selalu untuk admin dan blognya..

terimakasih

PUSAT SYMBIAN S60v2 pada 07:52 AM, 18-May-13

gombong hadir
di tunggu kunjungan baliknya mas di
http://toengculez8.pun.bz/aplikasi-penghemat-baterai-s60v2.xhtml

Fajarh007 pada 07:53 AM, 18-May-13

nice post biggrin

sarilah pada 09:10 AM, 18-May-13

wah nusa kambangan sudah beda ya sama waktu jamannya jhonny indo dulu.

Mediana Saputra pada 10:23 AM, 18-May-13

kapan2 ane kesana..
tapi temenin ya,.

Riwayatku pada 11:00 AM, 18-May-13

wih mantap sob, kalo ada waktu mampir ya

Visit:
http://history.mywapblog.com

baedowi pada 11:48 AM, 18-May-13

wahhhh sya kira nusa kambangan emang menyermkan banget kang tapi setelah gw baca ternyata agak lilang deh kesan seremnya,

Arsana pada 02:00 PM, 18-May-13

hadir lgii B O U Zz....biggrin

DATE A LIVE pada 03:18 PM, 18-May-13

mantap mastah...
kunbal di tunggu .sekalian follow blog gw ya nanti gw folback okay smile

DATE A LIVE pada 03:20 PM, 18-May-13

mantap mastah...
kunbal di tunggu .sekalian follow blog gw ya nanti gw folback okay smile

Aries pada 07:41 PM, 18-May-13

All@ makasih sob semua

heri pada 10:12 PM, 15-Jun-13

Weleh aq wong cilacap tpi blm pernah liburan di benteng pendem kayaknya asik bngt,infonya bermanfaat mhn di blog di tambahkan info hotelnya

Fery Gunawan pada 09:33 AM, 24-Jun-13

follow telah sukses om di tunggu folbacknya..

http://www.fery.p.ht/

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar